ID | EN

Pentingnya & Manfaat Dari Sarapan Pagi, Catat!

Sarapan pagi dapat menjadi support system utama bagi kesehatan tubuh kita. Yuk, ketahui selengkapnya di sini!
Photo by Brooke Lark on Unsplash
 
Normalnya, seseorang wajib makan tiga kali dalam sehari, yaitu saat pagi, siang, dan malam. Bicara sarapan pagi, ternyata sarapan pagi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan juga dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Berikut ini adalah pentingnya dan manfaat dari sarapan pagi bagi kesehatan tubuh. Keep on scrolling
 
1. Memasok Energi untuk Beraktivitas Sepanjang Hari

Sumber: Photo by Cory Schadt on Unsplash
 
Karbohidrat yang terkandung dalam sarapan pagi dapat memasok energi bagi tubuh. Dengan pasokan energi ini, tubuh akan memiliki stamina untuk menjalani aktivitas harian yang padat dan dinamis. Selain itu, karbohidrat juga turut membantu mengembalikan kadar glukosa yang menurun saat kita sedang tertidur. Tanpa asupan karbohidrat yang cukup, kebutuhan glukosa di dalam tubuh tidak bisa terpenuhi. Akibatnya, tubuh menjadi mudah lemas dan tidak bertenaga.
 
2. Bantu Jaga Berat Badan Ideal
 
Tahukah Anda, dengan sarapan pagi secara rutin dapat membantu mengontrol berat badan? Ya, sarapan pagi secara teratur dapat mengontrol berat badan Anda lho. Jika Anda melewatkan sarapan pagi akan membuat perut keroncongan di siang hari yang dapat meningkatkan nafsu makan. Hal ini tentu akan memberikan dampak yang kurang baik, terutama jika Anda dalam program diet.
 
3. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Sumber: Photo by Robert Collins on Unsplash
 
Melewatkan sarapan di pagi hari ternyata dapat membuat seseorang lebih sulit untuk berkonsentrasi, baik saat bekerja ataupun belajar di sekolah. Kondisi ini terjadi karena otak tidak mendapat cukup glukosa untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Hal tersebut tentu akan menyebabkan pekerjaan harian terasa lebih berat. Begitu pun dengan anak sekolah, mereka akan lebih sulit fokus dalam mencerna pelajaran.
 
Menurut penelitian berjudul, Breakfast habits, nutritional status, body weight, and academic performance in children and adolescents, menunjukkan bahwa anak kecil dan remaja yang rutin sarapan pagi cenderung memiliki performa akademis yang lebih baik daripada anak yang tidak terbiasa sarapan. Pastikan buah hati selalu sarapan pagi agar dapat fokus dan berprestasi di sekolah.
 
4. Menjaga Pola Makan
 
Manfaat sarapan pagi setiap hari dapat membantu Anda memiliki pola makan yang lebih sehat. Karena sarapan akan membuat Anda terhindar dari keinginan untuk mengonsumsi camilan tidak sehat di sela-sela waktu makan pagi ke makan siang.
 
Hal ini dibuktikan melalui penelitian yang dipublikasikan oleh Lise Dubois berjudul: Breakfast skipping is associated with differences in meal patterns, macronutrient intakes and overweight among pre-school children. Dalam penelitiannya disebutkan bahwa anak-anak yang tidak terbiasa sarapan cenderung memilih makanan yang tidak bernutrisi dan lebih berisiko mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Itu sebabnya, orang tua sebaiknya menyiapkan bekal makanan sehat, seperti buah-buahan dan sandwich untuk sarapan pagi Si Kecil.
 
5. Mengontrol Gula Darah
Sumber: Photo By Unsplash
 
Sarapan pagi juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Bagi orang dengan kadar gula darah normal, rutinitas ini akan membantu mencegah kemungkinan resistensi insulin yang dapat memicu diabetes.
 
Sementara itu, sarapan di pagi hari juga berguna bagi penderita diabetes untuk mencegah terjadinya hipoglikemia atau kondisi ketika kadar gula dalam darah terlalu rendah. Itulah mengapa penderita diabetes sebaiknya tidak melewatkan sarapan pagi.
 
6. Mencegah Serangan Penyakit
 
Rutin sarapan pagi dengan mengonsumsi makanan sehat dapat mencegah berbagai macam penyakit, seperti mencegah obesitas, diabetes tipe 2, membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Hindari melewati sarapan pagi, karena orang yang sering melewatkan sarapan memiliki risiko lebih tinggi mengalami aterosklerosis.
 
Berdasarkan penelitian berjudul, Prospective Study of Breakfast Eating and Incident Coronary Heart Disease in a Cohort of Male US Health Professionals, membuktikan bahwa pria yang melewatkan sarapan pagi berisiko 27% lebih tinggi terkena penyakit jantung koroner. Penelitian ini melibatkan 26.000 partisipan pria berusia 45–82 dan berlangsung selama 16 tahun. Nah, sudahkah Anda sarapan pagi hari ini?
 
7. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi dalam Tubuh
 
Konsumsilah makanan sehat saat sarapan pagi. Dengan mengonsumsi makanan sehat dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, seperti kalsium, serat, asam folat, zat besi, protein, dan vitamin B. Asupan protein yang cukup akan menciptakan rasa kenyang yang lebih lama hingga jam makan siang tiba.
 
Perlu diketahui juga, kalau nutrisi-nutrisi yang diperoleh dari sarapan pagi dapat membantu melengkapi kebutuhan gizi tubuh yang kemungkinan tidak terpenuhi dari makan siang ataupun makan malam. Jadi jangan lewatkan sarapan pagi Anda ya.. Pastikan tubuh Anda ternutrisi dengan baik agar tetap sehat dan lancara dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Selamat beraktivitas!
Scroll To Top