Contact Us
Find Our Page
// Instagram
// Follow Us

Wajib Waspada, 5 Ikan Laut Ini Mengandung Merkuri Tinggi

Nadia Latief

Penting untuk menyadari risiko yang terkait dengan konsumsi ikan mengandung merkuri tinggi. Untuk menjaga kesehatan, disarankan agar kita bijak dalam memilih ikan, ya!

Photo source by Unsplash+ (Getty Images)
 
Merkuri adalah logam berat yang dapat ditemukan di berbagai lingkungan, termasuk lautan. Ikan laut yang berada di puncak rantai makanan cenderung mengandung kadar merkuri yang lebih tinggi karena mereka melalui sebuah proses yang dikenal sebagai biomagnifikasi. Berikut adalah lima jenis ikan laut yang diketahui mengandung merkuri tinggi dan perlu diperhatikan saat mengonsumsinya. Yuk, baca lebih lanjut!
 
 
1. Tuna
Tuna, terutama spesies seperti tuna sirip kuning dan tuna Albacore, dikenal memiliki kadar merkuri yang tinggi. Tuna adalah predator besar yang berumur panjang, sehingga kandungan merkuri bisa terus terakumulasi di dalam jaringan tubuhnya. Konsumsi ikan tuna sebaiknya lebih dibatasi, terutama bagi wanita hamil dan anak-anak.
 
2. Ikan Pedang
Ikan pedang adalah ikan besar yang juga terletak di puncak rantai makanan. Kadar merkuri dalam ikan pedang bisa sangat tinggi, dan mengonsumsinya secara berlebihan dapat berdampak buruk pada kesehatan. Sebaiknya, hindari mengonsumsi ikan pedang secara berlebih.
 
3. Makarel Raja
Makarel raja, atau king mackerel, dikenal dengan cita rasa dagingnya yang lezat. Namun, ikan ini ternyata memiliki kadar merkuri yang cukup tinggi. Seringkali, makarel raja menjadi pilihan populer di kalangan pencinta seafood, tetapi penting bagi kita untuk tetap membatasi jumlah konsumsinya.
 
 
4. Marlin
Ikan marlin yang dikenal memiliki tekstur daging yang lembek & sedikit asam. Ternyata ikan ini juga memiliki kandungan merkuri yang cukup tinggi. Ikan ini biasanya banyak dikonsumsi di daerah pesisir & cukup mudah ditemukan di kawasan lautan Indonesia. Sehingga banyak juga restoran seafood yang menawarkan masakan berbahan dasar ikan marlin.
 
5. Mahi-Mahi
Mahi-Mahi, atau dolphinfish, adalah ikan yang banyak dicari karena rasa dagingnya yang lezat. Meskipun kadar merkuri dalam mahi-mahi tidak setinggi ikan lain yang disebutkan di atas, namun masih ada risiko yang perlu diperhatikan, terutama jika dikonsumsi dalam jumlah besar.
 
So, tak selalu ikan itu menjadi protein yang lebih sehat daripada daging merah. Anda perlu perhatikan juga kandungan merkurinya, yaa.

Related Posts

Editor's Choice

Most Reads

Follow us on Instagram!

Follow us 👉 @alinear.id for more interesting updates, promos, and vouchers coming up! ✨

Or, click the button below to join and request the 2024 Alinear Indonesia collaboration & partnership program for your business and promotions.⁠

*Terms & Conditions Applied.

Contact us Contact us
img