ID | EN

Mengenal 6 Skill Yang Dibutuhkan Untuk Menangkap Peluang Pekerjaan Freelance

Seorang freelancer dapat mengoptimalkan peluang kerjanya dan meraih kesuksesan di dunia kerja yang lebih fleksibel dengan skill-skill berikut ini. Simak!
Photo source: Unsplash+
 
Menjadi seorang pekerja lepas atau yang dikenal dengan sebutan freelancer berarti menjadi pekerja yang tidak terikat pada perusahaan atau instansi secara jangka panjang, Gaya bekerja yang demikian memungkinkan para freelancer untuk bekerja fleksibel, kapan saja dan di mana saja.
 
Keuntungan menjadi freelancer yang independen adalah kesempatan untuk mengerjakan beberapa proyek dari berbagai perusahaan secara bersamaan, meskipun tetap perlu menandatangani kontrak yang mencakup deskripsi pekerjaan, upah, dan jangka waktu. Penghasilan yang dapat diperoleh pun biasanya bisa mencapai di atas rata-rata, meskipun penghasilan freelancer tidak selalu stabil.
 
Umumnya, freelancer banyak bekerja di sektor kreatif, memanfaatkan keterampilan seperti menulis, desain, digital marketing, dan lainnya. Selain itu, ada pula pekerjaan seperti memasukkan dan mengolah data, hingga membangun website. Berikut beberapa keterampilan yang diperlukan untuk dapat menjadi seorang freelancer:
 
1. Menulis konten atau content writing
 
 
Sebagai seorang freelancer di bidang konten, diperlukan kemampuan merangkai kalimat dan menulis yang disertai dengan wawasan luas. Untuk mengasah skill content writing, upayakan untuk banyak membaca dan mengumpulkan referensi data yang menarik, serta perbanyaklah menulis untuk latihan.
 
2. Praktek SEO
 
 
SEO atau Search Engine Optimization Mengoptimalkan situs web untuk meningkatkan visibilitas di mesin pencari seperti Google dan Yahoo. Kemampuan ini juga banyak dicari, dan masih bersinggungan dengan menulis. Untuk memulai membekali diri dengan skill SEO, latihan menulis dan mencari kata kunci serta membaca data terkait diperlukan oleh seorang freelancer.
 
3. Digital marketing
 
 
Untuk pekerjaan lepas yang satu ini, freelancer memerlukan pengetahuan tentang berbagai aspek pemasaran online. Marketing dan promosi melalui media sosial dan internet mencakup riset, materi, penjadwalan dan posting konten, hingga berinteraksi dengan pelanggan masih berada di bawah payung digital marketing.
 
4. Desain grafis
 
 
Kemampuan desain diperlukan untuk pembuatan logo, brosur, dan lainnya oleh freelancer. Bagi freelancer dengan keahlian desain, kemampuan ini akan selalu tercapai dan akan semakin berharga ketika dapat dikembangkan dalam bentuk penawaran strategi konten secara menyeluruh.
 
5. Web designing dan programming
 

Photo by Goran Ivos on Unsplash
 
Kemampuan untuk mengolah bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, dan penggunaan software desain serta penguasaan bahasa pemrograman yang banyak dicari seperti Java saat ini tengah memiliki demand yang tinggi. Pasar pekerja lepas yang mampu melakukan web programming sedang terbuka lebar dengan bayaran tinggi.
 
6. Data entry
 
 
Pekerjaan lepas memasukkan dan kemudian mengolah data sering dipandang sebelah mata. Untuk kemampuan data entry, dibutuhkan ketelitian dan cukup bermodalkan laptop saja. Selain data entry, meng-upgrade kemampuan di bidang pengolahan dan analisa data sebagai data scientist merupakan jenjang karir freelancer selanjutnya di bidang ini.
 
Sebagai seorang pekerja lepas purna waktu, diperlukan soft skill seperti manajemen waktu agar dapat menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, serta kemampuan berkomunikasi yang baik. Berkomunikasi yang baik mencakup kemampuan untuk self-branding secara virtual agar mendapatkan klien baru, serta kemampuan untuk konsisten meng-update klien akan progress pekerjaan.
 
Dengan memanfaatkan berbagai keterampilan ini, seorang freelancer dapat mengoptimalkan peluang kerjanya dan meraih kesuksesan di dunia kerja yang lebih fleksibel.
Scroll To Top