ID | EN

Ini Dia 5 Tempat Indah Di Lombok Yang Masih Belum Viral

Lombok juga tidak kalah menarik untuk dikunjungi sebagai destinasi untuk liburan. Ini dia beberapa tempat di Lombok yang indah dan belum banyak orang tahu!
Sumber: Photo by Julie Romaniuk on Unsplash
 
Belakangan ini, nama Lombok dijadikan sebagai destinasi utama ketika berkunjung ke Indonesia semakin melambung. Semenjak dibangunnya sirkuit bertaraf internasional Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, semakin banyak orang tertarik untuk menginjakkan kaki di pulau yang masih bertetangga dengan Bali ini.
 
Biasanya, saat mengunjungi Lombok, destinasi yang selalu mendapatkan banyak perhatian adalah Pantai Senggigi atau Bukit Marese. Untuk para petualang, puncak Gunung Rinjani menjadi tujuan utama. Daripada hanya mengunjungi lokasi-lokasi sarat turis di Lombok, sudah saatnya untuk mengeksplorasi berbagai tempat lain di Lombok yang sama indahnya, namun lebih jarang dikunjungi:
 
1. Pantai Tanjung Aan
 
Sumber: Kompas.com
 
Pantai Tanjung Aan merupakan salah satu pantai Lombok yang belum mengalami pembangunan fasilitas tertentu di sekitar kawasan pantai. Pantai ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia sehingga memiliki garis pantai yang panjangnya kurang lebih 2 kilometer, dan dikelilingi oleh Bukit Merese.
 
Berlokasi di Sengkol, Kuta, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, keunikan pantai ini ada pada dua jenis pasir yang membentang di sepanjang pantai, pasir halus bertekstur seperti tepung dan pasir bertekstur lebih kasar. Karena ombak di pantai ini tidak besar, wisatawan dapat menikmati aktivitas seperti berenang, snorkeling, dan berselancar santai.
 
2. Pantai & Bukit Malimbu
 
Sumber: IDNtimes.com
 
Pantai dan perbukitan Malimbu merupakan salah satu wisata alam di Lombok yang bersih karena masih jarang dikunjungi. Berlokasi di Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, pantai ini memilik karang yang dikenal bernama ‘Karang Bolong Malimbu’ yang menarik wisatawan untuk berfoto.
 
Tidak jauh dari Pantai Malimbu, terdapat wisata daki Bukit Malimbu untuk mengejar panorama matahari terbenam. Terdapat dua titik untuk menikmati pemandangan matahari terbenam di bukit ini, yaitu pada sisi timur dan barat di sisi Pantai Malimbu. Berdiri di atas Bukit Malimbu, para wisatawan dapat melihat pemandangan dari Gunung Agung di Bali, Pulau Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno.
 
3. Pura Meru
 
Sumber: DetikTravel
 
Tinggalkan sejenak pantai untuk mengunjungi situs rumah ibadah Pura Meru yang didirikan pada tahun 1720 dan menjadi pura terbesar di Lombok. Pura Meru berada di Jalan Selaparang, Cakranegara, Kecamatan Mataram, Kota Mataram. Kemegahan Pura Meru menjadi daya tarik wisatawan yang ingin juga mengetahui sejarah religi Lombok dan menyaksikan dari dekat kehidupan warga lokal.
 
4. Gili Kedis
 
Sumber: Atourin
 
Gili Kedis merupakan pulau kecil yang termasuk ke dalam rangkaian kepulauan di lombok. Ukuran Gili Kedis tergolong sangat kecil sehingga warga setempat menamakannya Gili Kedis, yang berarti ‘Pulau Burung Pipit’.
 
Pulau ini menyajikan pemandangan karang laut dengan pasir putih yang cantik. Ombak yang tenang memungkinkan untuk wisatawan melakukan snorkeling dengan suasana seperti di pulau terpencil.
 
Untuk mencapai pulau ini, wisatawan dianjurkan untuk menyewa perahu dari Pelabuhan Tawun dan sudah dapat melakukan island hopping dengan sekaligus mengunjungi Gili Nanggu dan Gili Sudak.
 
5. Kebon Kopi Senaru
 
Sumber: Suara.com
 
Bergeser ke wilayah pegunungan, terdapat Kebun Kopi Senaru yang berada tepat di bawah kaki Gunung Rinjani. Kebun kopi di Desa Senaru, Kabupaten Lombok Utara ini memiliki pemandangan alam hijau dan air terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep. Di sini, berbagai tempat makan lokal menyajikan kopi yang dipanen langsung dari kebun kopi tersebut.
 
Dengan keindahan alam yang masih tergolong utuh dan belum banyak dijamah turis, potensi Lombok masih terus digali dan dikembangkan. Bagi pecinta wisata pantai sekaligus gunung, Lombok perlu masuk ke dalam bucket list selanjutnya untuk menikmati keindahan Indonesia yang luar biasa indah.
Scroll To Top