ID | EN

Fitur Note Terbaru Dari Instagram, Sudah Coba Belum?

Instagram telah meluncurkan fitur terbaru bagi pengguna untuk meninggalkan catatan (baca: Note) langsung pada bagian feed ataupun Reel. Sudah coba belum?
 
Yup! Instagram telah mengembangkan fitur Note terbarunya. Fitur ini sekarang dapat ditemukan juga pada bagian feed maupun Reels. Dengan adanya Note yang muncul di bagian feed maupun Reels, membuat tampilan platform media sosial ini terlihat sedikit lebih dinamis daripada sebelumnya. Nah, yang kita tahu, sebelumnya Note hanya muncul pada bagian atas kotak masuk (inbox) atau di atas foto profil. Pembaruan ini memungkinkan pengguna untuk berbagi catatan tentang postingan dari teman atau merek, bereaksi (seolah-olah) secara real time, dan melihat reaksi dari orang lain saat menggulirkan sesuatu melalui Note.
 
Photo source by Alinear Indonesia
 
Note yang Anda share pada bagian feed ataupun Reels ini hanya dapat dilihat oleh teman Anda dan pengikut yang Anda ikuti kembali, atau orang-orang yang Anda kategorikan ke dalam grup "Close Friends" / ”Teman Dekat”. Menurut Meta, perusahaan yang memiliki Facebook dan WhatsApp, seseorang lebih cenderung melihat postingan feed atau Reels ketika Note telah ditambahkan. Meskipun Note yang ada di bagian kotak masuk (inbox) dan profil dapat dilihat hingga 24 jam ke depan, Note pada postingan feed dan Reels akan terlihat hingga tiga hari ke depan. Dan juga Note yang muncul pada postingan feed dan Reels hanya muncul di aplikasi dan tidak muncul saat di browser web. Namun, Note dapat dihapus kapan saja Anda mau. Jika tidak ingin membubuhkan fitur Note pada konten yang Anda bagikan, Anda dapat menonaktifkannya untuk postingan feed dan Reels Anda pada bagian pengaturan (setting).
 
Cara kerja fitur Note Instagram baru 
Bagaimana cara menggunakan fitur Note terbaru di Instagram agar muncul di feed atau Reels Anda? Begini caranya:
1. Ketuk ikon pesawat / bagikan
2. Ketuk ikon "Note" di kiri bawah
3. Pilih "Close Friends" / “Teman Dekat” atau "followers you follow back” atau “pengikut yang Anda ikuti kembali"
4. Posting Note yang ingin Anda bagikan, dan... voila! Jadi, deh... Tinggal tunggu saja reaksi atau reply dari teman Anda. Selamat mencoba!
Scroll To Top