ID | EN

Perawatan Kulit Wajah Basic & Wajib Untuk Perempuan Usia 30 Tahun Ke Atas

Memiliki kulit wajah sehat dan glowing adalah dambaan setiap wanita. Tak terkecuali pria. Agar kulit tetap sehat dan terawat di usia 30-an, lakukan perawatan basic berikut ini.
Sumber: Photo by kevin laminto on Unsplash
 
Saat menginjak usia 30 tahun, perempuan otomatis mengalami beberapa perubahan akan kondisi fisiknya. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mulai dari usia 30 tahun ke atas, otot serta tulang perempuan mengalami penurunan kepadatan, metabolisme yang melambat, dan elastisitas kulit yang berkurang.
 
Oleh karena itu selain rajin berolahraga serta menjaga asupan makanan, perempuan yang sudah menginjak kepala tiga juga disarankan untuk melakukan perawatan kulit secara rutin. Ini dia beberapa perawatan kulit rutin yang dapat dilakukan di rumah dengan biaya yang terjangkau. Simak!
 
1. Perawatan anti-aging
Sumber: Photo by Content Pixie on Unsplash
 
Di usia 20-an, kulit wajah yang masih muda memproduksi banyak serat kolagen dan elastin serta hyaluronic acid di dalam tubuh. Kulit pun menjadi lebih lembap dan kencang. Di usia 30-an, kulit mulai terasa kering karena hyaluronic acid alami di dalam tubuh mengalami penurunan produksi dan kulit mudah mengalami dehidrasi. Otomatis, kualitas dan kuantitas produksi kolagen juga berkurang, serta dipicu juga oleh paparan sinar UV dan radikal bebas. Tanpa perawatan yang memadai, kulit akan mengalami penuaan dini, diawali dengan crow’s feet di sekitaran mata dan kerutan dahi.
 
Untuk membantu hidrasi kulit dan merawat kulit yang mulai berkurang kolagennya, gunakan bahan aktif seperti retinol. Digunakan minimal dua hingga tiga kali seminggu, retinol mampu memperlambat penuaan dini serta turut menyamarkan kerutan. Temukan bahan retinol yang paling sesuai untuk kulit wajah masing-masing.

2. Mengatasi kulit wajah yang kusam
Sumber: Photo by Sunny Ng on Unsplash
 
Pada usia 30-an, kulit wajah mulai kehilangan kemampuannya untuk membuang racun dan meluruhkan tumpukan sel-sel kulit mati akibat paparan sinar UV yang konstan dan gaya hidup seperti kurang tidur. Produksi melanin otomatis menjadi tidak maksimal, dan wajah mengalami kondisi warna kulit yang tidak merata.
 
Untuk mengatasi hal ini, diperlukan peningkatan frekuensi melakukan eksfoliasi, yang tadinya hanya sekali dalam seminggu menjadi 2-3 kali seminggu. Langkah ini dapat membantu meluruhkan sel-sel kulit mati dan membuat wajah tampak lebih cerah. Imbangi pemakaian produk eksfoliasi yang mengandung AHA dan BHA dengan pelembab yang mengandung bahan niacinamide untuk mencerahkan kulit.
 
3. Jangan lupakan pemakaian sunscreen.
Sumber: Photo by Aiony Haust on Unsplash
 
Kebiasaan menggunakan sunscreen harus diimplementasikan secara rutin. Sunscreen membantu perempuan yang sudah berusia 30 tahun ke atas untuk melawan paparan sinar UV serta UVA yang dapat masuk sampai ke lapisan dermis dan merusak kulit dari dalam secara bertahap. Bagi yang memiliki banyak aktivitas di luar ruangan maupun di dalam ruangan yang banyak mendapatkan cahaya matahari, pengaplikasian sunscreen harus dilakukan secara berulang jika sudah terkena keringat. Sunscreen sebaiknya memiliki tingkat SPF minimal 30 dan PA minimal ++.
 
4. Berikan perawatan hidrasi kulit
Sumber: Photo by Mutzii on Unsplash
 
Yang dimaksud dengan perawatan hidrasi adalah menambah kelembaban kulit. Memasuki usia 30 tahun, kulit secara perlahan kehilangan kelembapan alaminya. Untuk mempertahankan kelembapan kulit, diperlukan perawatan tambahan seperti rajin mengenakan masker kulit sekali pakai, atau mengaplikasikan moisturizer dengan bahan hyaluronic acid. Gunakan krim pelembap dua kali sehari, pada pagi dan malam hari.
 
 
5. Waspada jerawat dewasa
Sumber: Photo by Kalos Skincare on Unsplash
 
Masalah jerawat hormonal ternyata tidak hanya terjadi di usia remaja dan 20an tahun, namun juga hingga menginjak usia kepala tiga. Adanya jerawat dapat meninggalkan bekas kehitaman yang makin sulit memudar seiring dengan pertambahan usia. Karenanya, untuk mencegah noda dan bercak hitam, perempuan yang sudah menginjak usia 30an perlu rajin membersihkan muka agar pori-pori wajah tidak tersumbat. Terutama bagi para perempuan yang rutin menggunakan makeup, penggunaan pembersih makeup seperti micellar water atau cleansing oil, dilanjutkan dengan membersihkan wajah dengan facial foam, merupakan langkah-langkah yang tidak boleh terlewatkan.
 
Perawatan wajah saat sudah menginjak usia 30an memang membutuhkan waktu, investasi, dan konsistensi yang lebih daripada saat berada di usia 20an. Namun, dengan membangun rutinitas positif bagi perawatan wajah, diimbangi dengan gaya hidup yang lebih sehat, maka wajah di usia 30an pun akan merasakan manfaatnya. Jadikan hal ini investasi jangka panjang buat Anda!
 
Scroll To Top