Which type are you as a digital marketer?
Tipe pelaku digital marketing yang satu ini biasanya gemar menganalisa dan mengelola data dari sebuah kegiatan promosi, seperti salah satu contohnya campaign melalui digital marketing. Ketika akan mengirimkan email penawaran, mereka juga akan melakukan analisis setiap data yang didapat sebelum dikirimkan kepada seluruh klien mereka.
Nah, kalau tipe pelaku digital marketing yang satu ini sangat mengedepankan bagaimana caranya membuat suatu desain terlihat menarik bagi siapapun yang melihatnya. Mereka lebih memperhatikan dan menyukai tampilan desain yang akan dimuat ke dalam media sosial. Tak hanya itu, mereka juga akan menguji berapa banyak orang yang menyukai konten visual dibandingankan dengan konten yang hanya berisikan copy writing atau tulisan saja. Apalagi di era sekarang dimana konten visual yang isinya menarik, singkat, padat, dan jelas akan membuat siapapun tertarik untuk menyukainya.
Photo by Amith Nair on Unsplash
Kalau pelaku digital tipe ini sangat memperhatikan dan mengamati perkembangan dunia media sosial. Mereka akan terus mencari tahu dan menganalisa apakah sebuah media sosial memiliki bug atau tidak, dimana nantinya akan berpengaruh terhadap para penggunanya. Mereka melakukan hal ini karena media sosial merupakan satu wadah yang mudah digunakan untuk tujuan promosi bisnis, sehingga akan banyak yang menggunakannya sebagai sarana promosi bisnis.
Pelaku digital marketing ini biasanya menyukai media sosial baru yang masih berbentuk versi Beta. Itu sebabnya mereka sangat terobsesi dengan segala macam kegiatan digital marketing yang paling baru. Tak hanya itu, mereka juga mendapatkan data-data mengenai penggunaan perangkat dalam kegiatan digital marketing mereka. Satu dari lima orang dewasa menggunakan lebih dari 4 perangkat untuk melakukan aktivitas di media sosial pada setiap minggunya. Hal ini dilakukan mereka tentunya untuk memudahkan mereka dalam melakukan digital marketing.
Photo by Glenn Carstens-Peters on Unsplash
Mungkin ada diantara Anda yang tahu atau pengguna media sosial MySpace. Sekalipun MySpace termasuk media sosial lama, namun media sosial ini masih digemari para pelaku digital marketing tipe The Old School Advertiser. Satu dari empat pelaku digital marketing yang dilakukan secara online, masih melakukan kegiatan promosi secara offline juga sambil tetap dan terus mengembangkan promosi secara online.
Para blogger merupakan The Snarky Marketer, karena mereka tahu apa yang mereka lakukan bersama timnya apakah benar atau salah. Tentunya media sosial favorit mereka adalah blog pribadi mereka sendiri. Proses analisa dan kontrol akan selalu mereka lakukan dalam proses digital marketing. Selain itu, mereka juga akan mengarahkan para marketers untuk memanfaatkan digital multi-channel. Well, termasuk tipe pelaku digital marketing yang manakah Anda?