Contact Us
Find Our Page
// Instagram
// Follow Us

5 Kuliner Khas Solo Yang Wajib Coba

Nadia Latief

Tidak hanya kaya akan budaya dan sejarahnya, berlibur ke Kota Solo juga wajib mencicipi berbagai kuliner khasnya. Apa saja yang perlu dicoba? Simak rekomendasinya berikut ini!

Photo by Unsplash+
 
Kota Solo, yang dikenal juga dengan nama Surakarta, memiliki beragam kuliner yang lezat dan khas. Makanan-makanan ini mencerminkan kekayaan tradisi Jawa dan merupakan bagian penting dari kehidupan masyarakatnya. Berikut adalah beberapa makanan dan kuliner khas yang wajib dicoba saat berkunjung ke Solo.
 
 
1. Soto Solo
Soto Solo adalah salah satu kuliner yang paling terkenal di kota ini. Berbeda dengan soto dari daerah lain, Soto Solo biasanya terbuat dari kaldu ayam atau daging sapi yang bening, disajikan dengan potongan daging, telur rebus, dan dilengkapi dengan bahan pelengkap seperti koya (serundeng kelapa), sambal, dan perasan jeruk nipis. Rasanya yang segar dan gurih membuatnya menjadi favorit banyak orang.
 
2. Gudeg
Meskipun gudeg lebih dikenal sebagai makanan khas Yogyakarta, Solo juga memiliki versi gudeg yang lezat. Gudeg Solo terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah, memberikan rasa manis dan gurih. Biasanya disajikan dengan nasi, ayam, telur, dan sambal krecek. Perpaduan rasa ini membuat gudeg menjadi hidangan yang sangat menggugah selera. Hidangan ini nikmat dijadikan sarapan pagi maupun santap siang.
 

Photo by Inna Safa on Unsplash
 
3. Lenjongan
Makanan yang satu ini sebagian besar bahan dasarnya terbuat dari umbi-umbian. Di antaranya getuk, tiwul, cenil, jongkong, ketan, hingga lupis. Camilan yang satu ini memiliki cita rasa yang manis karena disiram dengan gula jawa cair. Biasanya, masyarakat lokal menikmati lenjongan sebagai menu sarapan yang bisa Anda temukan di Pasar Gede.
 
4. Timlo
Timlo adalah makanan berupa sup kuah bening berisi ayam suwir, telur pindang, jamur, bihun, dan sayur-sayuran seperti wortel. Menyantap timlo harus dengan sepiring nasi hangat, menjadikannya mirip dengan menu soto. Kuahnya yang menyegarkan akan tambah nikmat jika disantap dengan sambal dan perasan jeruk nipis.
 

Photo by Subagus Indra on Unsplash 
 
5. Pecel Solo
Pecel adalah campuran sayur mayur yang disiram dengan bumbu kacang. Makanan ini biasa ditemukan di daerah Jawa, salah satunya di Solo. Pecel Solo memiliki ciri khas tersendiri seperti sayuran yang digunakan, yakni kangkung, tauge, dan daun singkong, disajikan segar dengan bumbu kacang yang kental dan pedas. Pecel sering dijadikan pilihan makanan sehat dan bergizi dan bisa dinikmati sebagai sarapan maupun makan siang.

Related Posts

Editor's Choice

Most Reads

Follow us on Instagram!

Follow us 👉 @alinear.id for more interesting updates, promos, and vouchers coming up! ✨

Or, click the button below to join and request the 2024 Alinear Indonesia collaboration & partnership program for your business and promotions.⁠

*Terms & Conditions Applied.

Contact us Contact us
img