ID | EN

Ini Dia 5 Kesalahan Umum Saat Memutuskan untuk Berganti Pekerjaan

Ingat, perjalanan menuju karir impian tidak selalu mudah dan cepat. Berganti pekerjaan bukanlah hal yang salah, tetapi penting untuk melakukannya dengan persiapan yang matang agar tidak menyesal di kemudian hari.
 
Ketika menghadapi situasi kerja yang tidak menyenangkan, beralih pekerjaan seringkali dianggap sebagai solusi yang tepat. Meskipun hal ini tidak sepenuhnya salah, mengambil keputusan untuk resign dengan terburu-buru dapat membawa masalah baru. Untuk menghindari kesalahan yang dapat merugikan diri sendiri, berikut adalah lima hal yang perlu diperhatikan sebelum mengambil keputusan untuk berganti pekerjaan.
 
1. Lakukan penilaian diri terlebih dahulu
 

Photo by Magnet.me on Unsplash
 
Sebelum terburu-buru meninggalkan pekerjaan saat ini, ambil waktu sejenak untuk merenung. Apakah kita sudah yakin bahwa ini adalah langkah yang tepat? Penting untuk melakukan penilaian diri untuk memahami kemampuan dan potensi yang dimiliki. Catat keterampilan yang dimiliki dan bandingkan dengan persyaratan keterampilan dari pekerjaan yang diinginkan. Jika ada banyak kekurangan, ini menjadi tanda bahwa kita perlu mengembangkan diri terlebih dahulu.
 
2. Hindari tekanan dari orang lain
 
 
Mendiskusikan rencana karir dengan orang terdekat memang bermanfaat, tetapi jika saran yang diberikan terasa memaksa, jangan sampai terpengaruh. Tetap pikirkan kembali keputusan yang akan diambil. Meskipun saran orang lain baik, tetap kita yang paling tahu kebutuhan dan keinginan diri sendiri. Prioritaskan keputusan yang sesuai dengan keinginan pribadi saat mempertimbangkan untuk berganti pekerjaan.
 
3. Jangan hanya fokus pada masalah keuangan
 

Photo by Magnet.me on Unsplash
 
Pertimbangan finansial adalah hal yang wajar saat memikirkan perubahan karir, namun jangan biarkan uang menjadi satu-satunya alasan. Kenaikan gaji biasanya diiringi dengan peningkatan tanggung jawab. Jika kita belum siap menangani beban kerja yang lebih besar, kesehatan fisik dan mental dapat terancam.
 
4. Jangan terlalu tergiur dengan kesuksesan orang lain
 
 
Sering kali, kesuksesan orang lain terlihat lebih menarik. Jika kita secara pribadi merasa termotivasi oleh pencapaian teman, itu hal yang baik. Namun, jika hal tersebut membuat kita malah impulsif untuk pindah kerja, pertimbangkan lagi. Kesuksesan yang terlihat mungkin hanya hasil akhir dari perjuangan panjang yang tidak terlihat. Penting untuk bersyukur atas posisi di mana kita berada saat ini.
 
5. Persiapkan diri dengan pendidikan yang tepat
 
 
Mengundurkan diri tanpa mempertimbangkan peluang pekerjaan baru bisa berakibat fatal. Dalam situasi saat ini, mencari pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan bukanlah hal yang mudah, terutama jika kita berpikir untuk berpindah bidang. Saat merencanakan perubahan karir, pertimbangkan dengan baik peluang yang ada berdasarkan latar belakang pendidikan kita.
Scroll To Top