Di era digital, Anda harus tahu 4 kunci dasar utama marketing! Apa saja? Simak selengkapnya!
Hal ini tak bisa lepas dari marketing di era manapun, Anda harus fokus dalam memberikan kepuasan pada para pelanggan. Cari tahu apa yang dibutuhkan atau apa yang menjadi masalah target pasar Anda, kemudian berikan produk yang dapat memberikan solusi pada masalah tersebut dengan baik dan juga murah. Setelah Anda mendapatkan kepuasan pelanggan, berikan kepercayaan dan juga loyalitas agar konsumen yang telah Anda dapatkan tidak pergi begitu saja.
Photo by Jacqueline Munguía on Unsplash
Bertemu dengan customer di sini dimaksudkan Anda harus berada di mana customer Anda berada. Misalkan Anda memiliki bisnis pakaian, cari tahu lewat media sosial manakah kebanyakan pelanggan mengunjungi situs bisnis pakaian. Apakah Instagram, Pinterest, atau Facebook? Apabila paling banyak datang dari Instagram, sudah saatnya Anda membuat akun Instagram untuk bisnis Anda. Melalui Instagram, Anda bisa bertemu langsung dengan pelanggan Anda untuk memberikan informasi baru, atau sekedar menerima feedback dari pelanggan Anda. Para pelaku digital marketing harus tahu di media sosial mana pelanggannya paling banyak menghabiskan waktu dan temui mereka di sana.
Word of mouth adalah cara berkomunikasi yang bisa dibilang berguna bagi para pebisnis. Sebagai langkah awal, Anda bisa memberikan pengalaman yang tentunya memuaskan pelanggan agar pelanggan tersebut bisa menyebarkan pengalaman yang didapatkannya kepada orang lain. Tentunya orang lain tersebut akan berpotensi untuk tertarik membeli produk Anda atau sekedar mengunjungi situs Anda untuk mencari tahu. Intinya, jika Anda baru mulai, you have to give your best! Jika sudah memiliki banyak pelanggan, tentunya Anda harus konsisten dengan pelayanan Anda.
Photo by Sable Flow on Unsplash
Jika ketiga langkah di atas sudah Anda lakukan, berarti Anda telah memiliki pengalaman yang cukup luas. Kuasai pengalaman tersebut dan terus ikuti pada perkembangan teknologi dan informasi yang terus berjalan hingga ke depannya. Teruslah bertanya, apakah bisnis Anda sudah berada di jalur yang mengikuti zaman atau masih butuh transformasi? You decide!