ID | EN

10 Aturan Ikigai Yang Bisa Anda Terapkan

Agar hidup lebih terarah dan fokus, yuk ketahui 10 aturan Ikigai berikut ini! Siapa tahu bisa menjadi inspirasi untuk menjalankan aktivitas keseharian Anda.
 
Masyarakat Jepang dikenal memiliki fiosofi dan kultur disiplin yang tinggi. Namun di samping itu, mereka juga dikenal memiliki filosofi dan prinsip hidup yang kuat juga. Salah satu filosofi hidup orang Jepang yang dikenal adalah Ikigai. Secara harfiah, kata Ikigai berasal dari kata “iki” yang berarti kehidupan dan “gai” yang berarti nilai, sehingga Ikigai dapat diartikan sebagai alasan kita hidup, menjalani hidup mulai dari bangun pagi. Ikigai memiliki 10 aturan yang bisa membuat hidup lebih bermakna dan menyenangkan. Simak lebih lanjut aturan Ikigai yang bisa Anda adopsi dan aplikasikan ke dalam kehidupan sehari-sehari.
 
 
1. Stay Active Don’t Retire
Jika seseorang menyerah dengan apa yang mereka cintai dan lakukan, biasanya mereka akan kehilangan tujuan hidup atau kehilangan arah. Itu sebabnya sangatlah penting untuk melakukan hal-hal yang memiliki value, membuat kemajuan, menciptakan keindahan atau menciptakan sesuatu yang memiliki fungsi yang dibutuhkan banyak orang, membantu, dan membentuk keadaan di sekitar Anda.
 
2. Take It Slow
Lakukanlah segala sesuatu secara perlahan namun pasti. Melakukan segala sesuatu dengan tergesa-gesa, berbanding terbalik dengan kualitas hidup yang baik. Ada kata pepatah, “Berjalanlah dengan perlahan dan Anda akan pergi jauh.” Ketika kita meninggalkan ketergesaan, maka hidup dan waktu akan menjadi lebih berarti.
 
3. Don’t Feel Your Stomach
Less is more, ketika berkaitan dengan pola makan sehat agar mendapatkan usia hidup lebih panjang. Berdasarkan dari 80% rule, agar memiliki kehidupan yang sehat dan lebih lama, disarankan untuk makan lebih sedikit daripada keinginan diri untuk makan lebih banyak. Itu sebabnya orang Jepang makan secukupnya. Mereka tidak membiarkan diri mereka terlalu lapar ataupun terlalu kenyang untuk memiliki pola hidup yang sehat.
 
 
4. Surround Yourself With Good People
Yes! Kelilingilah diri dengan orang-orang yang memiliki vibrasi yang positif dan baik. Memiliki hubungan pertemanan yang positif dan baik merupakan obat terbaik. Daripada mengungkapkan kekhawatiran melalui obrolan menyenangkan dengan orang-orang terdekat, lebih baik berbagilah cerita yang akan membuat hari Anda lebih cerah ceria, dapatkanlah masukan, bersenang-senanglah, tetap bermimpi dan mewujudkannya, serta jalani hidup dengan optimis.
 
5. Get In Shape For Your Next Birthday
Dalam menjalankan hidup, tubuh membutuhkan olahraga agar tetap berfungsi dengan baik untuk jangka waktu yang lama. Dengan rajin berlahraga dapat membantu mengeluarkan hormon yang membuat seseorang merasa bahagia. Yuk, biasakan dan luangkan waktu untuk berolahraga agar tetap sehat!
 
6. Smile
Mengenali hal-hal yang tidak terlalu bagus merupakan hal yang baik, namun kita tidak boleh melupakan betapa istimewanya berada di waktu saat ini, di dunia yang penuh dengan berbagai kemungkinan. Tersenyumlah dan selalu bersyukur dalam setiap keadaan.
 
7. Reconnect With Nature
Meskipun sebagian besar orang tinggal di kota saat ini, namun manusia diciptakan untuk menjadi bagian dari alam. Kita harus sering kembali ke alam untuk me-recharge pikiran dan hati kita. Kunjungilah pegunungan atau pantai sebagai destinasi berlibur sekaligus healing. Atau lakukanlah kegiatan outdoor yang menyenangkan, seperti hiking, diving, snorkeling, atau rafting. Pastinya sepulang healing, pikiran akan lebih menjadi lebih fresh dan semangat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.
 
 
8. Give Thanks
Selalu bersyukur kepada Tuhan yang telah memberikan keindahan alam, udara untuk dihirup, makanan untuk dimakan dan dinikmati, kesehatan, keluarga, dan hal lainnya yang dirasakan. Pastikan juga mengucapkan terima kasih kepada keluarga dan teman-teman yang selalu membuat hidup jadi lebih ceria, bersemangat, juga menjadikan Anda merasa menjadi pribadi yang beruntung dalam kehidupan. Ketika Anda menyempatkan untuk mengucapkan syukur, tanpa disadari Anda akan merasakan pertumbuhan yang luar biasa dalam kelimpahan dan juga kebahagiaan.
 
9. Live In The Moment
Berhentilah menyesali masa lalu dan takut akan masa depan. Hari ini adalah hari yang Anda miliki. Buatlah yang terbaik di hari ini, seakan hari ini adalah hari terakhir. Ciptakanlah memori yang berharga untuk dikenang. Enjoy the moment!
 
10. Follow Your Ikigai
Last but not least, follow your ikigai. Pastinya di dalam diri setiap individu terdapat passion, talenta unik yang Tuhan berikan, yang bisa mengarahkan dan menjadikan diri seseorang menjadi sisi terbaik dirinya. Sudahkah Anda menemukannya? Jika belum menemukannya, sudah saatnya Anda menemukannya.
Scroll To Top